Monday, October 11, 2010

Menari Kejut Rame-Rame di Sudirman (Jakarta Flashmob 101010 Bagian II)

Judulnya emang norak, tapi beneran ditulis oleh Kompas loh!

Menari Kejut atau bahasa gaholnya Flashmob itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang banyak secara tiba-tiba dan serentak di suatu tempat umum kemudian setelah itu langsung bubar seperti tidak ada apa-apa. Bisa cek ricek di wikipedia untuk lengkapnya. Menurut info dari Flashmob Indonesia, flashmob sudah diadakan hampir di seluruh kota besar di dunia seperti Boston, Chicago, Dublin, Hamburg, Melbourne, Shanghai, Sydney, Zurich, Singapore dan masih banyak lagi. Tujuannya macam-macam, ada yang kampanye, ada yang promosi, ada yang dalam rangka iklan atau sebagai aksi tertentu saja (yang bukan dalam rangka demo pastinya =p).

Karena sifatnya masif dan melibatkan banyak orang, tentunya kegiatan flashmob ini biasanya diorganisir oleh sekelompok orang tertentu. Gw sendiri baru tau kalo ngaturin acara flashmob ini lumayan rempong ternyata. Jadi salut buat para panitia dan sukarelawan yang mau ngurusin segala sesuatunya dari awal sampai terlaksananya kemarin Minggu. Luar biasa deh mereka, terlepas dari kompensasi apapun yang mereka dapat atau tidak dapat dari sponsor. Ngurusin sekitar seribuan orang ga dikenal gw rasa pasti menyita waktu, tenaga dan err kayanya makan ati tuh. Jadi tepok tangan buat kakak-kakak panitia. Prok prok prok (sok muda lo meis! =p).
 
sok candid lo mbak! =p
Hiyakk, ceritanya saya kan akhirnya daftar melalui milis di web Flashmob Indonesia itu. Sempet maju mundur maju mundur (bukan gerakannya sih), tapi akhirnya membulatkan tekad untuk menantang diri. Gugur pas latian bersama pertama karena hujan lebat sejakarta raya itu padahal gara-gara belom hafal gerakan -iya saya perfeksionis bahkan untuk hal ginian- dan meniat-niatkan diri untuk datang Sabtu paginya. SABTU PAGI! Atas nama nasionalisme marilah kita memajukan Indonesia (ga nyambung). Dan sampailah saya di lokasi latian bersama Mbak Shanti. Pemandangan pertama yang kami liat sungguh membuat kami pengen belok kanan, nyetop taksi dan pulang lagi. Iyaahalooooow, sepanjang mata melihat hampir semua peserta adalah abege ibukota lengkap dengan para alays (siapakah saya menghakimi para alay). Setelah ragu sekian menit, ya sudahlah hajar bleh ajah masuk. Jadinya para peserta yang mendaftar via web dimasukkan ke dalam satu grup, yakni grup O. Ternyata banyak loh yang daftar. Banyak artinya bukan dua puluh tiga puluh orang tapi ratusan menn! Yaudah berame-rame kita gladi resik dan dikasih wejangan-wejangan buat besokannya. Buat yang nyinyir bilang flashmob kok ya pake latian dulu, coba aja dih riset kecil-kecilan dulu sebelum ngemeng dan juga dimaksimalkan lagi penggunaan logika berpikirnya yah, pissleffgaulcupsss =)

Dan tibalah hari yang ditunggu-tunggu para abege ibukota itu, saya juga sih sebenernya *malu-malu*. Pagi-pagi buta jam enam disuru kumpul di jalanan deket Seven Eleven Teluk Betung yang belokannya mo ke Grand Indonesia itu. Parkir di West Mall yang paling deket pintu keluar, saya jalan kaki berbekal dompet kecil isinya kartu-kartu sakti, lima puluh ribuan, dua puluh ribuan, lima ribuan masing-masing selembar, kunci mobil yang dicopot paksa dari dompetnya dan si Javey. Wow, serasa jalan di Orchard Road selama beberapa menit sebelum belok ketemu tukang teh botol, ojek dan segerombolan anak mudo ibukota eksis. Yah katanya kostumnya disuru baju olahraga supaya nyaru kayak peserta World Walking Day yang hari itu juga rame. Tapi kok kayanya definisi baju olahraga si anak cino ini sama anak-anak selatan dan abege jaman sekarang nampaknya beda. Boook, ada yang pake jins paku-paku, jins seperempat paha dengan stoking abu-abu dan hi-top sneakers. Baiklah saya memang tidak gaul tapi selalu taat asas pada penggunaan kostum yang diharuskan loh *sedih tapi ngeles*.
 
Fotonya ga pake gaya alay koook =)
Berasa anak gahol Jakarta yang nongkrong di Seven Eleven pada Minggu pagi di acara Car Free Day, kami diwejangin lagi dan dilepas menuju posisi pada kira-kira jam delapan kurang. Horee nyebar nyebar nyebar walopun akhirnya banyak yang ngerubung sih. Mungkin grogi. Horor juga ngeliat lokasi flashmobnya. Itu di jalanan Sudirman depan Gedung Exim sampe sedikit depan Menara BCA. Menghadap arah ke Blok M, lewat dikit dari Bunderan HI. Itu ya sepeda, ya orang jogging, ya orang dagang, tumplek jadi satu, termasuk sebiji dua biji bus transjakarta deh kalo ga salah liat. Dan bayangkan orang-orang segambreng ini harus tiba-tiba joged-joged di tengah jalan itu tapi pertamanya sok-sok kaget!!! 

saya poto di sudirman mak!

Dum darariraridum darariraridum, intro lagunya si Mika itu mulai bunyi entah dari mana tapi gede. Seorang penari meniup peluit dan menyeruak ke kerumunan orang, terus mule dah nari-nari asik kayak di pilem-pilem. Terus ga berapa lama ada orang-orang lain yang ikutan nari bareng, terus ga berapa lama lagi makin banyak lagi orang-orang yang ikutan berjoged masal itu. Karena per grup sudah diwejangin untuk siap-siap di posisi tapi ga boleh keliatan siap-siap, akhirnya makin ke belakang orang-orang yang joged makin banyak. Ga ngerti deh pada salah-salah apa ngga, tapi kalo yang depan-depan sepenglihatan mata gw sih ternyata pada hafal lohhh. Dasar banci tampil huehehehe! Dalam flashmob ini ada dua kali gerakan canon, itu loh yang kayak kalo di pertandingan-pertandingan bikin ombak bolak balik. Ini yang bikin keren menurut gw walopun ga rapi jali teratur gimana gitu. Tapi kan ceritanya spontan hehehe. Canon yang pertama ga gitu panjang karena kan ceritanya belum semua ikutan joged bareng (uda gitu gw kayanya berdiri duluan sepersekiaaan detik lebih cepet deh, ugh). Nah yang canon kedua itu yang bikin semriwing. Konon kabarnya ada seribuan orang yang ikutan dan semuanya 'mengombak' bersama. Woohooo girangnyaa! (karena ternyata keren juga sih, kirain kacow huehehue). Jadi sepanjang lagu Love Today nya si Mika itu kita joged-joged bukan a la Batavia Dancers tapi dengan muka sumringah ceria. Terakhirnya ditutup dengan adegan loncat bersama horeee, terus ya udah kayak ga ada apa-apa semua bubar jalan balik lagi ke aktivitas masing-masing. Karena sudah 'diancam' ga boleh tepok tangan, ga bole poto-poto, ga bole melakukan tindakan alay apapun, semua peserta ya bubar jalan ajah gituh. 

Akhirnya selesaai dehh!

Puas puas puas =D

Abisannya sayah iseng ngecek kicauan orang-orang komentarnya pada kayak gimana sih tentang flashmob Jakarta ini. Pastinya banyak orang nyinyir dan ngenyek, tapi ga sedikit juga yang mengapresiasi. Menurut saya pribadi sih, tadinya mo bilang: "santai aja kali pelisss..", tapi ternyata pengaruh hormonal membuat saya jadi sedikit esmosi dan jadinya nanggepin juga huehehee...Ya, menurut saya walaupun ini katanya dijadikan ajang promosinya Mizone, tapi tetep aja lumayan bikin heboh dan menambah jajaran sejarah per-flashmob-an yang sudah dilakukan di Jakarta, Indonesia, Asia, maupun dunia. Kalo orang iseng ketik kata kunci flashmob di google atau youtube pasti kan nyangkut juga acara ini. Buntutnya orang akan liat dimana nih rame-rame, oh Bunderan HI, di Jakarta, di Indonesia. Nah, makin banyak orang tau negara kita donk tererereeet! Terus juga walopun kata beberapa orang sebelas dua belas dengan acara senam pagi bersama, ya jangan liat gerakannya atuh. Itu kan bukan semuanya profesional, tapi orang-orang amatir yang daftar dengan berbagai alesannya. Butuh keberanian dan antusiasme untuk mencoba hal baru seperti ini loh. Seenggaknya buat saya. Walopun saya ga doyan Mizone, saya setuju sama Senior Brand Managernya yang bilang bahwa tujuan acara ini adalah : "Ingin memberikan semangat kepada masyarakat. Karena selama ini orang itu bosan dan jenuh dengan rutinitas. Kami mau kasih semangat biar hari-hari jadi beda." Gituuu katanya. Dan setidaknya buat saya, itu berhasil juga kok. Saya daftar, saya datang, saya senang, horee \(^^)/ !!!

Nah dibawah ini bisa diliat pidio ofisial yang ga pake geter-geter karena beneran direkam sama pakarnya :



2 comments:

Windri Marieta said...

tapi keren kok messs!! :) ada fotomu di blog nya bena http://www.benablog.com/2010/10/biggest-flashmob-in-indonesia.html
bener gak tuh lo yg pake baju item? hihihi

..Somewhat like a dilettante.. said...

Haha itu benar adanya!
Gw memang sekelompok sama si bena kribo yang ternyata terkenal di dunia maya =D